Batu alam cocok dipakai pada berbagai gaya rumah, termasuk rumah minimalis. Material batu alam mudah didapatkan, desain rumah batu alam juga dirasa cocok dengan iklim tropis yang ada di Indonesia. Material batu alam cocok untuk gaya dan lokasi mana pun, memberikan nuansa kepadatan, keabadian, dan kekuatan. Batu alam ada yang digunakan seutuhnya dan sebagian hanya pada tampak depan rumah. Keperluan batu alam tergantung pada model rumah.
Batu alam memberikan kesan menyatu dengan alam apalagi jika terdapat taman pada halaman rumah dan memberikan suasana sejuk. Jika menggunakan batu alam yang berwana coklat dapat berkesan elegan pada rumah. Batu alam digali dari bongkahan besar dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan oleh para produsen batu alam. Ukuran batu alam dapat disesuaikan untuk memenuhi persyaratan perencanaan rumah anda.


Meskipun banyak bahan bangunan tidak sedap dipandang setelah jangka waktu bertahun-tahun, material batu alam tetap mempertahankan nuansa alami yang tidak kehilangan kecantikannya sepanjang masa. Batu alam mudah dibersihkan dan biaya pemeliharaannya juga murah. Dengan perencanaan dan konstruksi yang tepat, batu alam bahkan bisa bertahan selama ribuan tahun. Berikut 4 Inspirasi Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam:

1. Rumah Batu Alam Khas Bali
Desain rumah batu alam bisa menghadirkan kesan hunian yang mewah, modern. Adanya nuansa Bali pada rumah batu alam ini juga membuat penghuninya serasa liburan setiap hari. Dinding rumah batu alam ini juga dapat ditambahkan ornamen pahatan batu alam yang membentuk gambar tertentu. Perpaduan lainnya yang melengkapi desain rumah batu alam ini adalah ukiran pada bagian daun pintu, jendela, maupun plafon.

2. Rumah Batu Alam yang Mengkilap
Rumah ini menggunakan batu alam dengan permukaan yang dibentuk menggunakan cairan asam atau yang dipoles halus. Batu alam yang dibentuk dengan cairan asam akan terlihat mengkilap, walaupun sebenarnya jika diraba teksturnya masih kasar seperti batu pada umumnya. Sedangkan batu alam yang dipoles halus biasanya diproses mengunaan mesin tertentu sehingga menghasilkan batu alam dengan permukaan yang halus dan licin. Untuk menyelaraskan dengan tampilan eksterior, elemen interior rumah batu alam seperti dinding ruangan pun tak ketinggalan untuk diberi finishing batu alam.
3. Rumah Batu Alam Satu Lantai
Batu alam juga dapat diterapkan di rumah satu lantai, dengan mengatur komposisi finishing yang tepat sehingga rumah batu alam yang hanya terdiri dari satu lantai dapat terlihat apik dan elegan. Cat dinding luar rumah menjadi elemen penting yang harus diperhatikan pada model ini.

4. Rumah Batu Alam Minimalis Dua Lantai
Rumah minimalis yang identik dengan bentuk-bentuk simpel cocok diberi batu alam dengan finishing motif alur seragam, batu alam dengan permukaan semipoles, batu alam rata bakar, atau batu alam yang diratakan dengan mesin dan dipasang dengan teknik susun sirih. Rumah-rumah minimalis dua lantai umumnya menggunakan ornamen batu alam pada beberapa bagian dinding eksterior, pilar teras, hingga pagar. Karena mengusung konsep minimalis, batu alam yang digunakan pada desain rumah batu alam ini biasanya terdiri atas satu jenis saja. Alternatif lainnya, rumah batu alam ini hanya menggunakan batu yang warnanya hampir seragam agar tidak terkesan terlalu banyak corak.


Demikian ulasan beberapa rumah batu alam terpopuler yang bisa jadi inspirasi, selain tampilan menarik, material batu alam juga tergolong awet dan memiliki daya tahan yang baik.




Sumber Referensi:
https://www.dekoruma.com
https://www.arsitag.com/article/material-batu-alam-untuk-tampak-depan-rumah-minimalis-yang-elegan
https://desainsrumahminimalis.com/rumah-minimalis-tampak-depan-dengan-batu-alam/

0 Komentar