Rumah minimalis sederhana menjadi idaman karena desain rumah yang nyaman serta tidak melelahkan. Rumah minimalis mampu menunjukan desain yang unik, bisa diaplikasikan di tanah sempit tanpa mengurangi nilai estetikanya.  Penataan ruang minimalis menjadi sesuatu yang sangat penting. Ketika rumah kecil saja bisa dibuat nyaman, tentu saja rumah yang besar dapat diubah menjadi tempat yang nyaman pula.

Desain rumah minimalis ini memiliki harga yang lebih ekonomis sehingga banyak pengembang properti berlomba-lomba menciptakan tipe rumah sederhana ini. Tipe rumah minimalis miliki berbagai varian bentuk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik bagi Anda yang masih lajang atau baru berkeluarga.

Untuk mendapatkan rumah minimalis sederhana yang tepat dan tentunya sesuai dengan keinginan, maka wajib memperhatikan semua komponen yang akan ada di rumah tersebut, berikut beberapa keahlian yang akan bermanfaat untuk membuat rumah minimalis sederhana:

1. Pembagian Ruang Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana
Hal terpenting rumah minimalis sederhana adalah melakukan pembagian ruangan, paling tidak terbagi atas 4 pembagian ruang. Pertama, anda harus menyisakan tempat untuk ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi tentunya. Untuk pembagian kamar tidur, anda bisa siapkan kamar tidur untuk anak-anak dan orang tua. Dua ruang tersebut sangat penting untuk dipisah agar orang tua dapat melakukan diskusi pentingnya dengan nyaman dan anak-anak mengembangkan ide kreativitas tanpa merasa canggung dan terbatasi.


2. Warna Cerah Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana
Pewarnaan pada rumah anda juga merupakan kunci dalam membuat desain sederhana rumah minimalis. Warna dapat memberikan kesan tertentu pada sebuah desain. Untuk desain yang sempit, warna yang cerah adalah warna yang cocok. Warna yang cerah seperti putih atau biru langit memang sangat cocok untuk desain rumah minimalis sederhana. Rumah dengan warna seperti ini menjamin perasaan ruang yang lebih luas karena sisi-sisi ruang tidak terlalu terlihat dikarenakan pantulan cahaya. Efek inilah yang memberikan rasa nyaman jika anda memberikan warna cerah kepada desain rumah sempit.
3. Pemilihan Properti
Kunci untuk membuat desain minimalis rumah sederhana adalah memberikan properti secukupnya, yaitu jumlah furnitur yang diletakkan dalam rumah serta ukuran furnitur yang diletakkan dalam rumah. Untuk jumlah furnitur, anda sebaiknya membeli furnitur secukupnya tanpa menambah furnitur yang tidak begitu penting seperti meja yang terlalu besar. Maksimalkan fungsi dari furnitur tanpa melebihkan ukurannya. Anda juga bisa memilih furnitur yang bisa diletakkan di ruang yang tidak terpakai seperti televisi yang bisa digantung di dinding.


Jika lahan Anda sempit dan tidak memungkinkan pengembangan secara horizontal, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendesain pengembangan secara vertikal. Sejak awal perencanaan sebaiknya sudah merencanakan struktur bangunan rumah yang kokoh untuk kemungkinan pengembangan di kemudian hari. Demikianlah cara desain rumah minimalis sederhana, anda harus banyak mencari referensi model rumah minimalis terbaru, agar menambah pengetahuan dan pembuatan rumah minimalis dari awal sampai akhir dapat sesuai dengan keinginan.



Sumber Referensi:
https://www.arsitag.com/article/15-contoh-denah-rumah-minimalis-modern-nyaman-dan-sederhana
https://rumahpantura.com/9-gambar-rumah-minimalis-sederhana-terkini/
https://goodminds.id/rumah-minimalis/

0 Komentar