Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting rumah minimalis, ruang yang terbatas menjadi hambatan rumah minimalis terlihat cantik, maka anda harus memiliki keahlian untuk mendesainnya, kamar mandi ukuran kecil tetapi dapat digunakan secara maksimal, desainnya tidak berlebihan menjadikan lahan sempit bisa lebih optimal. Kamar mandi seringkali mendapat sentuhan desain dan dekorasi seperlunya, carilah berbagai referensi desain kamar mandi minimalis terbaru  dari majalah, dan media sosial. Setelah mendapatkan desain yang tepat untuk kamar mandi minimalis yang akan dibangun, maka selanjutnya kamu perlu menemukan kontraktor atau tukang bangunan untuk  merancang kamar mandi minimalis yang akan kamu bangun. Sertakan setiap detail mulai dari ruang penyimpanan, wastafel, pancuran, dan shower.
Rencanakan anggaran pengeluaran yang akan anda habiskan saat akan membangun kamar mandi minimalis nantinya. Membuat kamar mandi minimalis dari awal akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit,  anda perlu mengeluarkan biaya membeli toilet, keramik, bahan bangunan, dan tukang. Kamar mandi merupakan bagian wajib yang harus dimiliki sebab kamar mandi sebagai tempat untuk membersihkan diri agar tubuh menjadi bersih segar dan terjaga kesehatan. Berikut keahlian yang harus anda miliki dalam Desain Kamar Mandi Minimalis Ruangan Kecil:

1. Manfaatkan Ruangan Dengan Maksimal
Kamar mandi sempit jangan dipenuhi dengan dekorasi yang tidak dibutuhkan. Hal utama yang perlu anda manfaatkan adalah tempat-tempat yang tidak terduga yang bisa menjadi tempat penyimpanan. Misalnya saja di bawah wastafel yang digunakan untuk menyimpan kertas toilet, tisu dan berbagai kebutuhan.

2. Manfaatkan Belakang Pintu
Pintu bagian belakang manfaatkan untuk membuat kamar mandi minimalis menjadi lebih luas. Dimana bagian belakang pintu bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan perlengkapan mandi ataupun menyimpan berbagai jenis barang yang ada.

3. Hindari Walpaper Berlebihan
Kamar mandi yang sempit akan semakin sempit jika kamu menggunakan walpaper atau cat dengan campuran warna yang cukup banyak. Usahakan kamar mandi yang sempit hanya menggunakan satu warna cat dan lebih baik memilih warna yang bisa memantulkan cahaya dengan baik seperti putih dan hijau serta hindari menggunakan warna gelap apalagi hitam.


4. Gunakan Aksesoris Lampu
Anda bisa menggunakan penutup lampu yang memiliki ukuran cukup besar namun tidak terlalu mendominasi ruangan. Cara seperti ini dapat memberikan kesan yang lapang pada langit-langit kamar mandi.

5. Letakkan Berbagai Peralatan di Dinding
Gunakan dinding untuk meletakkan berbagai peralatan yang anda miliki. Anda bisa meletakkan berbagai barang seperti gunting, alat cukur, dan yang lainnya di bagian dinding kamar mandi.

6.Gantunglah Perlengkapan Mandi
Letakkan berbagai perlengkapan mandi dengan menggantungnya agar tidak terlalu memenuhi ruangan. Jangan meletakkan perlengkapan mandi di dekat wastafel, sebab hal ini akan semakin membuat ruangan kamar mandi terlihat sempit.

7. Gunakan Lemari Penyimpanan
Lemari penyimpanan lebih baik menggunakan lemari obat untuk menyimpan berbagai perlengkapan di dalam kamar mandi. Jangan pernah meletakkan furnitur dengan ukuran yang besar jika ingin membuat persepsi ruangan menjadi lebih lapang.


8. Pemilihan Jenis Pintu yang Tepat 
Pemilihan jenis pintu merupakan salah satu cara untuk membuat kamar mandi minimalis terlihat lebih luas. Anda bisa mengganti pintu yang dibuka secara langsung dengan pintu geser.



Sumber Referensi:
https://interiordesign.id/contoh-desain-kamar-mandi-kecil/
https://www.dekoruma.com/artikel/17291/menciptakan-kamar-mandi-minimalis-untuk-ruangan-kecil
https://www.brilio.net/rumah/10-cara-yang-membuat-kamar-mandi-sempit-tampak-luas-brilio--160413c.html
https://dekorrumah.net/model-kamar-mandi-sederhana-minimalis-terbaru.html

0 Komentar