Ukuran rumah minimalis memberikan dampak juga bagi taman. Ada yang tamannya berukuran kecil, bahkan tidak ada area untuk tanaman sama sekali. Halaman belakang, depan, atau samping yang ditata unik akan membuat rumah makin cantik. Berapa pun luas tanah yang Anda miliki, sebisa mungkin menyediakan area khusus taman karena khasiatnya cukup banyak. Desain taman bertujuan agar rumah minimalis terlihat lebih asri dan penghuninya juga merasa lebih sejuk karena pemandangan hijau dan berwarna di halaman rumah. Taman di lahan kecil punya daya tarik tersendiri yang dapat dinikmati setiap saat, tanpa harus membutuhkan banyak ruang di depan rumah. Taman di lahan kecil juga berarti perawatan yang lebih minim, penghematan ekstra hingga ruang dekoratif hijau yang punya manfaat tinggi.


Mendesain atau mendekorasi taman rumah minimalis harus memperhatikan hal-hal yang terkait dalam menata taman rumah. Salah satu cara agar memaksimalkan taman rumah minimalis ialah dengan memilih tanaman yang sesuai dengan lahan sempit, seperti tanaman hias yang berukuran kecil dengan berbagai macam warna agar taman rumah terlihat lebih menarik. Berikut penjelasan lengkap 5 Inspirasi Desain Taman Rumah Minimalis Unik dan Cantik Lahan Kecil:

1. Taman Kering
Sebuah taman akan terasa sempurna jika bisa digunakan untuk bersantai oleh para pemilik rumah. Untuk taman kering, buatlah area duduk sederhana dari bebatuan alam dengan alas kursi yang empuk. Agar waktu santai terasa semakin asri dan sejuk, tanamlah beberapa pohon tropis untuk menghalau sinar matahari.


2. Taman Tanaman Rambat
Tanaman merambat adalah salah satu jenis vegetasi yang bisa jadi pilihan untuk menyempurnakan desain taman pada hunian anda.Tanaman rambat tidak membutuhkan banyak lahan untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, tanaman jenis ini tidak memerlukan perawatan atau penanganan khusus.

3. Taman Pintu Depan
Teras, halaman depan dan ruang di sekitar pintu masuk juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk taman kecil. Sebuah taman yang akan memberikan kesegaran bagi siapa saja yang hendak masuk ke dalam rumah.
4. Taman Vertikal
Taman vertikal adalah solusi paling tepat untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan. Bisa juga dengan menempatkan pot-pot bunga di dinding belakang rumah, jika Anda tak ada waktu untuk membuat media tanam taman vertikal.

5. Taman Tanaman Berbaris
Ini cara memanfaatkan lahan yang panjang dan sempit. Tanam satu jenis tanaman dengan jarak berdekatan untuk menghadirkan nuansa hijau di halaman samping rumah.


Sumber Referensi:
https://www.dekoruma.com/artikel/68579/jenis-tanaman-merambat
https://www.casaindonesia.com/article/read/9/2018/658/12-inspirasi-taman-rumah-minimalis-di-lahan-kecil
https://www.homify.co.id/ideabooks/1550509/22-desain-taman-kecil-untuk-lahan-terbatas

0 Komentar