DESAIN DAPUR MINIMALIS SEDERHANA - Dapur minimalis adalah sebuah dapur dengan tatanan dan identitas minimalis yaitu simpel, sederhana, dan tidak ruwet. Menciptakan dapur yang bersih, rapi, dan nyaman pada ruangan kecil bukanlah sebuah masalah. Dengan desain ruang minimalis sebaik mungkin, ruangan yang tidak terlalu luas pun bisa diatur menjadi terlihat lebih luas, rapi, nyaman, dan menarik. Desain dapur minimalis sederhana bisa dihadirkan lewat pemilihan material hingga penataan dan pemanfaatan ruang yang ada.  Dapur yang menarik tidak harus dengan fasilitas dan furnitur yang lengkap, untuk membuat dapur yang sempit menjadi terlihat lebih luas hanyalah dibutuhkan sebuah ilusi dan rekayasa.
Penempatan alat dan perabotan pada posisi yang sesuai akan memberikan ilusi dan kesan ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Dapur berukuran kecil memang membuat ruang gerakmu terbatas. Namun jika anda bisa mengetahui desain yang tepat, dapur kecil pun akan terasa nyaman bagaikan dapur berukuran besar. Desain dapur minimalis merupakan desain yang sering digunakan banyak orang dalam memperindah rumah minimalis karena mampu menciptakan kesan lebih luas. Berikut 5 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana:

1. Dapur Minimalis Sederhana Ukuran 2×2, rapi dan luas
Dapur minimalis sederhana berukuran 2×2 tetap terlihat luas, dengan menggunakan konsep terbuka atau menyatu dengan ruangan lainnya. Desain dapur minimalis ini, ruangannya menyatu dengan ruang makan. Untuk membedakan suasana dapur dari ruangan lain, anda bisa menggunakan material kayu pada sebagian furnitur. Misalnya pada lemari, tempat cooker hood, dan bagian luar rak kompor. Anda dapat menggunakan kitchen set, karena membantu dalam menghemat ruang dan area dapur terlihat lebih rapi dan ruangan menjadi luas.
2. Dapur Minimalis Sederhana Serba Kayu, unik dan menarik
Dapur minimalis didominasi oleh furnitur yang terbuat dari kayu. Agar dapur minimalis milik anda terlihat lebih luas, buatlah pembatas tempat cuci piring yang tidak terlalu tinggi. Jika anda bisa memandang area di sekitar dapur, tentu akan lebih nyaman. Meletakkan microwave dan oven pada built-in furnitur juga merupakan pilihan yang tepat untuk kesan yang lebih rapi di dapur minimalis. Memanfaatkan ruangan dengan menghadirkan furnitur multifungsi. Contohnya seperti lemari dengan rak penyimpanan dan juga laci agar barang-barang anda terorganisir dengan baik, dan pastinya membuat ruangan senantiasa rapi.

3. Desain dapur minimalis 3×3, sederhana terlihat modern
Dengan sudut berwarna monokrom. Paduan dominasi warna putih dengan table top berwarna hitam pekat selalu menjadi perpaduan warna yang aman untuk Anda yang mencintai gaya minimalis. Rak kayu bermodel sederhana pun kerap menghiasi dapur, tanpa merusak gaya desain yang diinginkan.
Dengan lahan dapur seluas 3×3 meter, Anda bisa menggunakan pencahayaan dan mengatur sirkulasi yang bagus untuk mendapatkan efek ruang dapur yang lebih luas. Dengan mengkombinasikan desain minimalis dan pencahaayan yang baik bisa menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan efek area dapur yang luas.
4. Dapur minimalis di sudut kecil rumah, manis dan menawan
Memiliki rumah mungil atau tinggal sendiri bukan berarti tidak bisa memiliki dapur idaman yang nyaman. Buat sudut hunian semakin cantik dengan kitchen set kecil berwarna lembut. Pasang keramik dinding dengan motif monokrom untuk memberikan sentuhan modern pada dapur Anda. Jika ruangan Anda memiliki sudut , ternyata bisa dimanfaatkan dan dibuat multiguna untuk menaruh peralatan makan dan menjadi area kopi.

5. Desain Dapur Kecil dengan Bentuk U, bebas bergerak
Desain dapur sederhana untuk ruangan kecil dapat menggunakan bentuk U. Dengan bentuk ini, anda bisa bebas bergerak di bagian tengah dapur saat memasak dan menyiapkan makanan. Selain itu, anda tidak perlu melangkah jauh ketika ingin memindahkan wajan bekas ke tempat cucian, atau ketika mengambil piring untuk memindahkan makanan dari wajan. Cukup membalikkan badan ke kanan atau kiri saja.
Membersihkan dapur secara teratur akan membuat dapur kecil Anda terlihat lebih bergaya. Hal ini penting mengingat dapur adalah tempat memotong, mengupas bahkan menumpahkan makanan berminyak. Ambil kain bersih dan air sabun, Anda akan terkejut melihat bahwa dapur Anda sebenarnya kelihatan lebih menarik setelah dibersihkan.


Sumber referensi:
https://www.dekoruma.com
https://www.sejasa.com/blog/desain-dapur-minimalis-sederhana/
https://www.homify.co.id/ideabooks/2018495/20-desain-dapur-modern-sederhana-dan-menawan
https://elizato.com/model-dapur-minimalis/

0 Komentar