Memiliki rumah minimalis hanyalah awal dari sebuah perjuangan untuk kehidupan yang lebih nyaman. Masih banyak urusan interior, desain dan dekorasi yang harus diselesaikan. Kreasi dan inspirasi desain dibutuhkan untuk memiliki rumah dengan kenyamanan tinggi dengan konsep mudah dan sederhana, tanpa harus luas ataupun mahal. Bukan cuma bisa terlihat cantik, tetapi bahkan memiliki kesan mewah dan elegan. Jika rumah minimalis anda sudah tertata rapi dan nyaman aktifitas Anda dan keluarga tentu akan terasa lebih menyenangkan.
Kesalahan dalam mendesain interior rumah akan membuat rumah terlihat kumuh, sempit dan terkesan acak - acakan dan tidak nyaman untuk dihuni. Untuk membantu Anda dalam menemukan cara desain interior pada rumah minimalis sederhana maka berikut ulasannya:

1. Pemilihan Tema Tertentu
Pemilihan tema akan sangat membantu pemilihan furniture dalam suatu ruangan. Tema yang dipilih bisa berupa tema warna atau tema rungan seperti klasik, black and white atau modern. Penerapannya pun bebas, Anda bisa menerapkannya pada seluruh ruangan ataukah membedakan setiap ruangan. Penggunaan wallpaper akan sedikit membantu. Namun, Anda harus menggunakan walpaper dengan motif sederhana agar ruangan tidak terlihat sempit dan monoton.
2. Tata Setiap Ruangan Secara Bergantian
Merombak seluruh rumah sekaligus dengan bantuan konsultan memang dapat dilakukan. Namun, tentu Anda harus menyediakan dana tambahan untuknya. Oleh karena itu, untuk memudahkan, tatalah sedikit demi sedikit dimulai dari kamar tidur. Fokuslah pada satu ruangan saja sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.


3.Gunakan furnitur yang Fungsional dan Efisien
Rumah minimalis yang memiliki ruangan yang berukuran kecil atau sempit maka harus diperhatikan sedetail mungkin. Furnitur yang harus Anda pilih adalah furnitur yang benar-benar diperlukan. Pemilihan furnitur juga harus memperhatikan nilai etetikanya. Pemilihan furnitur yang indah akan mengurangi pengaplikasian hiasan lainnya dalam ruangan karena ruangan sudah cukup indah dan hidup dengan bebrapa furnitur saja.
Akan lebih baik bagi Anda jika memilih furnitur multifungsi sehingga lebih banyak bagian tersisa dalam ruangan. Gunakan furnitur yang memiliki warna senada untuk memberikan kesan lebih rapi dan luas dalam desain interior rumah minimalis sederhans. Pilih warna yang sedikit berbeda dengan warna tembok atau lantai untuk menciptakan aksen pada ruangan.

4. Bersihkan Lantai Dan Langit-Langit Dari Hiasan Yang Tidak Penting
Seringkali lantai tidak diperhatikan saat mendesain interior ruangan. Jika ada barang yang menumpuk di lantai, nilai esetika rungan tersebut akan berkurang. Interior rumah minimalis juga menuntut Anda untuk memperhatikan langit-langit ruangan. Pastikan lampu hias yang tergantung di langit-langit memiliki bentuk simple dengan sedikit atau tanpa kristal agar ruangan tidak telihat sempit dan pendek.


5. Hiasan di Sudut Ruangan
Mendesain interior ruangan tidak akan cukup tanpa adanya hiasan di sudut ruangan. Penempatan hiasan di sudut ruangan dapat mempengaruhi kesan ruangan.
6.Gunakan Cahaya Yang Cukup
Gunakan cahaya lampu putih terang untuk terlihat kesan luas dan cerah. Pengguanan cahaya lampu kuning atau termaram mungkin bisa memunculkan kesan hangat namun akan membuat ruangan terasa sesak. Selain cahaya lampu, penataan ventilasi yang tepat memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke ruangan agar terlihat cerah di siang hari.



Sumber Referensi:

https://www.arsitag.com/article/desain-interior-rumah-mungil-kekinian-yang-sederhana-tapi-elegan
https://www.homify.co.id/ideabooks/1980558/inspirasi-desain-interior-rumah-sederhana-yang-mempesona
http://www.koleksirumahminimalis.com/2017/04/interior-rumah-sederhana-tapi-elegan.html
https://ekbis.sindonews.com/read/1312979/179/desain-interior-rumah-mungil-ini-dijamin-bikin-betah-dan-nyaman-1528523502
https://www.dekoruma.com/artikel/37246/desain-interior-rumah-mungil-hemat-budget

0 Komentar