Plafon merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Plafon berguna untuk keamanan, kenyamanan, serta keindahan sebuah ruangan. Plafon dibuat dengan maksud untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak langsung masuk ke dalam rumah setelah melewati atap. Saat ini plafon tidak hanya sekadar penghambat panas atau dingin, melainkan juga sebagai hiasan untuk mempercantik interior rumah minimalis. Tidak menutup kemungkingan plafon dapat retak dan rusak, jika keretakan yang terjadi masih cukup kecil, masih bisa dperbaiki.



Bahan plafon yang paling populer adalah plafon gypsum. Plafon gypsum proses pengerjaan lebih cepat dan perawatan yang mudah menjadi alasan plafon gypsum menjadi favorit banyak orang, nilai estetika yang dihasilkan sangat baik, plafon terlihat rapi, rata dan mulus seperti tidak ada sambungan sama sekali. Plafon gypsum juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah mudah hancur. Plafon gypsum memang cenderung rapuh. Bahkan tidak mungkin plafon gysum bisa retak atau bahkan roboh. Inilah Penyebab Keretakan Plafon Gypsum Rumah yang Harus Diwaspadai!

1. Kesalahan dalam memasang plafon
2. Pemasangan plafon yang terlalu rapat
3. Usia bangunan yang sudah sangat lama
4. Tekanan gravitas dan pergeseran permukaan tanah
5. Adanya air atau kotoran yang menumpuk



Bila terjadi kerusakan pada bagian tertentu, plafon gypsum sangat mudah diperbaiki dan tidak diperlukan pembongkaran total. Jadi, cukup bagian rusak saja yang dipotong atau diplester. Apabila kondisi keretakan dari plafon gypsum rumah Anda sudah cukup parah, maka Anda harus melakukan pembongkaran kemudian penggantian plafon dengan yang baru.



Sumber Referensi:
http://arafuru.com/sipil/apakah-penyebab-plafon-gypsum-retak.html
http://architectaria.com/plafon-anda-retak-retak-kenali-berbagai-penyebab-keretakan-pada-plafon.html
https://www.crafter.id/solusi-memperbaiki-dinding-yang-retak/

0 Komentar