Rumah minimalis menjadi pilihan masyarakat umum, maka desain interior rumah pun harus disesuaikan dengan gaya minimalis. Salah satu yang harus disesuaikan adalah kamar tidur anak minimalis. Menata desain kamar tidur anak minimalis dapat membuat ruangan terlihat lebih tertata, modern, dan nyaman. Memilih desain kamar tidur anak tidak semudah menata interior ruangan rumah lainnya. Jika ruangan lain biasanya lebih menitik beratkan pada furnitur dan gaya ruang, untuk desain kamar tidur anak fokusnya adalah menyisakan tempat yang luas.


Untuk desain kamar tidur anak tidak perlu terlalu spesifik terhadap warna dan tema karena selera mereka cepat berubah seiring perkembangan usia. Berikan warna-warna netral pada desain kamar tidur anak untuk menghindari kebosanan. Langsung saja kita bahas Cara Desain Kamar Tidur Rumah Minimalis untuk Anak-anak:

1. Menata Kamar Tidur Anak Minimalis dengan Satu Warna


Untuk meningkatkan kesan kamar tidur anak minimalis, gunakan salah satu warna saja agar kamar terlihat lebih tenang dan simpel. Pada gambar diatas, warna kalem dipilih untuk menjadi warna dasar kamar tidur anak minimalis. Samakan dengan warna dekor lebih gelap, contohnya seperti selimut warna cokelat dan bantal empuk berwarna senada. Hal ini meningkatkan efek natural pada kamar dan ketenangan hati saat melihatnya. Jangan terlalu banyak menambahkan warna untuk kamar tidur yang memiliki ruangan terbatas, hal itu justru akan memberikan ilusi sempit.

2. Memanfaatkan Tiap Sisi Kamar



Jika mempunyai ruang lebih untuk kamar, manfaatkan tiap sisi kamar tidur minimalis anak dengan baik. Satu sisi digunakan untuk menaruh lemari, sisi lain digunakan untuk meja belajar dan kabinet untuk menyimpan barang, dan sisi lainnya bisa dipakai sebagai tempat kasur. Ingat, tata letak kamar tidur anak minimalis ini hanya bisa dilakukan jika memiliki ruang lebih di kamar tersebut.

Baca Juga: Cara Hemat Membangun Rumah Minimalis

Berilah pencahayaan yang baik, dengan kadar pencahayaan yang baik dapat menghilangkan kesan kamar yang sempit, justru akan terlihat menyenangkan dan nyaman untuk dipandang. Pencahayaan yang baik di siang hari adalah cahaya alami berupa sinar matahari secara langsung.

3. Memberikan Aksesoris Favorit Anak


Anak menyukai sepakbola? Atau menyukai karakter Barbie? Bukan tidak mungkin untuk menyisipkan desain dengan hal-hal yang berbau sesuatu yang disukai anak! Wujudkan ini dengan dekor warna-warni ceria sesuai dengan karakter favorit anak. Seorang anak suka dengan warna cerah dan warna-warni, ditambah dengan lukisan aniamsi-animasi keren akan menambah daya imajinasinya. Sangat baik untuk perkembangan mentalnya dalam bidang seni.


Sumber Referensi:
https://www.dekoruma.com/artikel/26634/trik-menata-kamar-tidur-anak-minimalis
https://interiordesign.id/5-desain-kamar-tidur-impian-untuk-anak/
https://elizato.com/desain-interior-kamar-tidur-minimalis/


0 Komentar