CARA MEMASANG ENGSEL JENDELA - Memasang engsel tentu dengan cara yang berbeda baik itu engsel jendela, lemari ataupun pintu. Engsel sangat berperan penting untuk sebuah jendela dan pintu rumah, karena berfungsi untuk mempermudah membuka dan menutup. Cara pemasangan engsel menuntut ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi. Terlebih saat menyesuaikan ukuran jendela dengan kusen, serta menentukan posisi pemasangan engsel yang tepat. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka jendela tidak dapat berfungsi dengan baik.
Cara Terbaik Memasang Engsel Jendela Dengan Mudah dan Cepat
Seperti halnya pintu, jendela terdiri atas kusen atau gawang dan daun jendela. Kusen dipasang tetap atau mati di dalam tembok, sedang daunnya digantungkan pada kusen dengan menggunakan engsel sehingga dapat berputar pada engsel, berputar horizontal (ke kiri dan ke kanan) atau berputar vertikal (ke atas dan ke bawah). Jumlah daun jendela ada yang tunggal, ada pula yang ganda. Lebar dan tingginya daun jendela diukur dari sisi dalam kusen sampai sisi luar kusen. Peralatan dan bahan yang harus di persiapkan dalam memasang engsel jendela rumah anda :
Cara Terbaik Memasang Engsel Jendela Dengan Mudah dan Cepat 1
1. Meteran
2. Pahat
3. Mesin Bor
4. Siku
5. Pensil atau Pulpen
6. Obeng Min & Plus
7. Engsel Jendela
8. Mesin Serut
9. Daun Jendela


Berikut Tahapan memasang jendela yang  perlu anda lakukan adalah:
Cara Terbaik Memasang Engsel Jendela Dengan Mudah dan Cepat 2
1. Daun jendela kita ukur pada kusen, jika kurang pas maka serut daun jendela dengan mesin serut sampai pas dengan ukuran lebar kusen. Jangan sampai kelonggaran atau terlalu rapat, Harus ada celah longgar sedikit, Kira-kira tiga mili antara kusen dan daun jendela. Untuk bagian atas disarankan harus rapat. Jika masih ada celah atau kemiringan daun jendela, sekrap atau serut daun jendela dengan pas ukuran kusen.

2. Jika sudah mendapatkan ukuran yang  sesuai, lalu coret atau ukur penempatan engsel menggunakan pensil atau pulpen. Jarak penempatan engsel dari atas kira-kira tiga belas centi. Dan dari bawah dua puluh lima centi meter. Dengan posisi daun jendela ditempatkan ke kusen agar daun jendela dan kusennya tercoret keduanya dengan pas. Dan juga nantinya tidak bongkar pasang dan tidak terlalu menguras tenaga. Untuk mendapatkan hasil pemasangan daun jendela yang kuat dan solid, di sarankan engsel berjumlah tiga buah. Sementara jarak engsel yang tengah itu harus sama, Antara engsel yang atas dan engsel yang bawah.


3. Untuk cara memahat bekas coretan atau ukuran engsel pada daun jendela itu jangan pakai alat pahat manual. Pakai alat mata profil mesin yang berbentuk "lop" atau yang sering digunakan untuk memprofil tempat lubang kaca pada daun jendela. Jika semua ukuran sudah di pahat menggunakan mesin profil, maka kita tinggal merapikannya saja menggunakan alat manual, seperti pahat biasa. Untuk kedalaman pahatan itu harus di ukur dengan ketebalan engsel. Agar nantinya jendela dan kusen jika sudah terpasang akan menghasilkan yang bagus tidak terlalu renggang dan juga tidak terlalu rapat. 

4. Sementara untuk memahat tempat engsel pada bagian kusennya, hanya bisa di lakukan dengan menggunakan alat pahat biasa. Begitu juga cara memasang sekrup pada engsel pakailah alat bor mesin. Dengan menggunakan mata bor sekrup, agar lebih mudah dan ringan.

Demikian Cara Terbaik Memasang Engsel Jendela Dengan Mudah dan Cepat, jendela merupakan salah satu bagian penting rumah. Selain karena jendela memiliki fungsi sebagai ventilasi udara yang masuk, memilih jendela dengan desain yang tepat akan membuat desain rumah anda terlihat lebih bagus dan nyaman, juga cocok dengan furnitur yang ada didalam rumah Anda.


Sumber Referensi:
http://www.jagobangunan.com/article/read/jangan-keliru-begini-tahapan-pemasangan-daun-pintu-dan-jendela-yang-benar
https://infomebelterbaru.blogspot.com/2015/11/cara-memasang-engsel-dengan-mudah-dan.html
https://pintulipatrolling.com/tips/cara-memasang-pintu-dan-jendela-beserta-kusennya-2

0 Komentar