Pembahasan yang terkait dengan cara mengatasi genteng bocor yaitu cara memperbaiki kerpus bocor, cara mengecek genteng bocor, genteng baru kok rembes, cara mengatasi wuwungan bocor, cara menambal asbes dengan aquaproof, aquaproof untuk genteng, cara menambal atap spandek bocor, cara menambal genteng asbes yang bocor


Cara Ampuh Mengatasi Genteng Bocor

Cara Ampuh Mengatasi Genteng Bocor - Apabila genteng sudah mengalami kebocoran, maka cara untuk mengatasi genteng bocor adalah dengan melapisi genteng dengan cat anti bocor, hal itu merupakan pengetahuan orang pada umumnya, tapi anda dapat juga memanfaatkan bahan bangunan lainnya. Genteng bocor merupakan salah satu masalah yang biasanya di alami orang di musim penghujan seperti sekarang ini.

Selain dapat mengganggu kenyamanan keluarga di rumah, genteng bocor juga dapat merusak furniture yang ada di rumah kita. Bahkan jika tidak segera ditangani, titik bocor akan semakin meluas dan dapat merusak bangunan rumah. Ada beberapa penyebab genteng yang bocor, dan bisa dibagi berdasarkan jenis gentengnya.

1. Atap genteng yang ada tidak pada posisi yang benar alias melorot
2. Retaknya Genteng atau Adanya Genteng yang Pecah
3. Kerusakan Pada Bubungan Wuwung

Lantas, apakah cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah genteng bocor tersebut ? simak penjelasan berikut ini:
Masalah genteng bocor memang seringkali membuat kesal para penghuni rumah. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengganti genteng tsb dengan yang baru, alangkah baiknya bila Anda mencoba cara praktis menambal genteng bocor berikut ini, mudah dan lebih hemat biaya.

1. Menggunakan Styrofoam
Styrofoam biasanya banyak digunakan dalam kemasan elektronik. Bila Anda memiliki Styrofoam bekas, daripada dibuang menjadi limbah yang sulit didaur ulang, sebaiknya Anda manfaatkan untuk menambal genteng bocor. Caranya cukup mudah, namun sebelum memulai membuat pasta penambal sebaiknya Anda siapkan dulu bahan-bahan seperti kaleng, ampelas, kuas, bensin dan jangan lupa Styrofoam.

2. Menggunakan Semen
Semen biasanya dicampurkan dengan pasir atau digunakan sendiri untuk merekatkan bahan bangunan seperti batu bata, keramik, dll. Selain itu ternyata semen juga dapat digunakan untuk menambal genteng bocor karena keretakan loh. Bahkan daya rekat semen ini mampu bertahan hingga 2-3 tahun. Dan semen putih diklaim memiliki daya rekat yang lebih baik dibandingkan semen biasa.

3. Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor / Waterproof
Musim penghujan datang, iklan cat pelapis anti bocor pun mulai bermunculan. Cat waterproof ini memang sangat disarankan digunakan untuk melindungi genteng dari pengaruh cuaca seperti hujan dan teriknya matahari. Daya tahannya yang mencapai hingga 5 tahun dan harganya yang cukup terjangkau membuat orang banyak yang memilih cara menambal genteng bocor menggunakan cat waterproof.

Nah, itulah cara mengatasi genteng bocor semoga dapat anda terapkan ketika bocor melanda.



Sumber : 
https://carapraktis.info/3-cara-praktis-menambal-genteng-bocor/
https://rumahlia.com/perawatan/atap/penyebab-atap-genteng-bocor-dan-cara-mengatasinya

0 Komentar